Perawatan Budidaya Jamur Tiram

Perawatan Budidaya Jamur Tiram

Untuk perawatan jamur tiram, ada beberapa hal yang harus kita lakukan. Karena jamur tiram butuh sekali perawatan untuk menjaga kelembaban media tanam.

1. Pengaturan suhu ruangan

Kita bisa mengatur suhu ruangan kabung dengan cara membuka dan menutup pintu atau jendela tujuannya adalah untuk mendapatkan pertumbuhan jamur yang optimal. Saat inkubasi, atur suhu 28-30°C dan kelembaban antara 50-60% untuk perkembangan dan pertumbuhan jamur akan maksimal. Sementara saat pembentukan tubuh buah sampai dengan masa panen, suhu yang dibutuhkan adalah 22-28°C dengan kelembaban antara 90-95%.

2. Penyiraman

Penyiraman ditujukan untuk menjaga kelembaban kumbung. Penyemprotan dilakukan dengan menyemprot atau bisa juga dengan pengkabutan menggunakan air bersih. Lakukan jika keadaan kumbung kering agar kelembaban kumbung selalu terjaga dan substrak tanaman tidak mengering.

3. Pengendalian Hama dan Penyakit

Salah satu hama utama dari budidaya jamur adalah tikus. Banyak cara yang bisa kita lakukan untuk mencegah serangan tikus antara lain dengan menggunakan seng sebagai pembatas bangunan dengan kumbung agar tikus tidak bisa naik keatas. Kita juga bisa memanfaatkan lem tikus untuk mencegah tikus masuk kedalam kumbung. Kita juga harus selalu mengecek kumbung pada malam hari untuk mengecek atau bahkan mengusir tikus.

Leave A Comment

Related Post

Read More
Read More
Read More
Read More