Syarat Tumbuh Kembang Jamur Tiram

Syarat Tumbuh Kembang Jamur Tiram

Jamur tiram adalah salah satu jamur yang lebih cocok di budidayakan di dataran tinggi karena salah satu faktornya adalah kelembaban yang menjadi faktor pendukung jamur ini tumbuh maksimal. Berikut adalah beberapa syarat pendukung lain yang akan membuat tumbuh kembang jamur tiram menjadi maksimal:

1. Air

Jamur ini akan terganggu jika kondisinya terlalu kering, tapi jika terlalu basahpun jamur ini akan mati, oleh karena itu harus ada pengendalian substrak air berkisar 60-65%. Pemberian air bisa dilakukan dengan penyemprotan.

2. Suhu

Jamur ini akan berkembang maksimal pada suhu berkisar antara 16-22 ºC. Oleh karena itu jika suhu sedang panas, lakukan penyemprotan selain untuk menjaga suhu juga kelembaban.

3. Kelembaban

Kelembaban udara pada budidaya jamur tiram berbeda, tergantung tahapan awal atau saat tumbuh buah. Saat pertumbuhan miselium, kelembeban udara antara 60-70% sedangkan saat pertumbuhan buah lebih tinggi lagi, antara 80-90%.

4. Cahaya

Jamur sangat peka terhadap cahaya matahari langsung, oleh karena itu kita hanya menggunakan cahaya matahari tidak langsung kurang lebih 50-15000 lux. Saat pembentukan buah, cahaya matahari tidak langsung dapat merangsang terbentuknya buah. Sedangkan saat pembentukan miselium, cahaya tidak diperlukan.

5. Aerasi

Oksigen(O2) cukup penting dalam tumbuh kembang jamur tiram. Oksigen merupakan unsur penting dalam respirasi sel. Sedangkan untuk karbon dioksida sendiri harus dibatasi kadarnya, tidak boleh melebihi 0,02%.

6. Tingkat Keasaman (pH)

Standar pH untuk jamur ini adalah berkisar 6-7, jika terlalu tinggi atau rendah akan mempengaruhi penyerapan air dan hara. Bahkan memungkinkan akan tumbuh jamur lain yang berakibat akan mengganggu pertumbuhan jamur tiram itu sendiri.

Leave A Comment

Related Post

Read More
Read More
Read More
Read More